Wiwi oment

Istana Dalam Penjara

Posted on: 14 Januari 2010

Bagaimana kondisi narapidana di Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu? Apakah mereka jera akan tindak pidana yang telah mereka lakukan? Selama ini kita berpikiran kalau di penjara itu tidak enak, tidur hanya beralaskan tikar, makan tidak sesuai dengan selera kita, disuruh kerja bakti.
Ternyata pikiran kita selama ini salah besar, ada istana di dalam penjara. Narapidana kelas kakap seperti para koruptor justru hidup penuh kenikmatan di dalam penjara, sedangkan narapidana yang lain tidak. Narapidana kelas kakap, ini kebanyakan orang-orang kaya yang menyuap sipir-sipir di Rutan Pondon Bambu, sehingga mereka dibuatkan tempat tersendiri untuk mereka tinggal. di situ mereka boleh melakukan apapun yang mereka mau, boleh membawa atau memasang barang-barang mewah seperti kulkas, AC, dll.
Contohnya seperti Artalyta alias Ayin, dia bisa melakukan apapun di sana, bahkan dia membawa pembantunya untuk melayaninya. Alin juga bisa merawat anak angkatnya di sana dan melakukan rapat. Bahkan pada saat ada pemeriksaan tiba-tiba Alin sedang melakukan perawatan wajah oleh dokter.
Terus baiamana pendapat dari Menteri Hukum dan HAM tentang kasus ini? Ini lebih menyakitkan hati lagi. Ternyata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengakui ada pengistimewaan terhadap beberapa narapidana di Rumah Tahanan Pondok Bambu. Pengistimewaan itu mengindikasikan telah terjadi pelanggaran terhadap prosedur peraturan Hukum tentang Rumah Tahanan atau penjara.
Dia juga mengaku tak menutup mata bahwa kasus seperti ini telah berlangsung lama. “Di lapas pasti ada kelemahan, dan kondisi yang terjadi sekarang adalah faktanya,” ujar dia. Faktor kesejahteraan yang terbatas dari para sipir, menurutnya, juga memiliki andil atas fenomena seperti ini. Kenapa sudah tahu kasus ini telah berlangsung lama dia tetap membiarkan? Setelah masyarakat tahu, dia baru akan bertindak.
Apakah sanksi-sanksi bagi sipir-sipir yang bersalah itu? Menteri Hukum dan Ham mengatakan pada media bahwa sipir yang telah menerima suap tersebut akan dimutasi. Apa dengan sanksi seperti itu akan menjerakan? Saya sebagai rakyat Indonesia merasa kurang puas atas sanksi tersebut.

Tag:

1 Response to "Istana Dalam Penjara"

BENAR atas apa yang telah kamu paparkan tadi. secara substansial penjara adalah usaha untuk mengembalikan narapidana pada kehidupan masyarakat normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 5 pengikut lainnya

Mecay

berkibar

Merah putih berkibar, Indonesia merdeka

Mecay

Januari 2010
S S R K J S M
« Nov   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Flickr Photos

Lebih Banyak Foto

Inilah Pengunjung BlogQ

free counters
%d blogger menyukai ini: